Skip to main content

Cara ke Phi Phi Island dari Bangkok

Dulu pas saya puya rencana buat ke Phi Phi, saya sempat bingung banget karena namanya beda-beda, Yang bikin saya bingung, Maya Bay itu sebenernya dimana sih? di Phi Phi atau dimana?
Yuk saya ceritain satu per satu dulu yah.

Phi Phi Island itu terdiri dua pulau yaitu, Koh Phi Phi Don dan Koh Phi Phi Ley.
Di Koh Phi Phi Don ada beberapa spot yang menjadi tujuan wisatawan mancanegara yaitu Tonsai Bay, Loh Dalum Bay, Long Beach, Monkey Beach, dan masih banyak lagi.
Lalu di Koh Phi Phi Ley pun ada spot wisatawan yang sangat indah yaitu Maya Bay, Pileh Lagoon, Viking Cave, Loh Samah Bay, Koh Yung, Mosquito Island, Koh Mai Pai, Bamboo Island.

Kalau kalian cari yang tempatnya ramai, everyday is party dan banyak restauran serta mini market enak itu kalian harus menetap di Koh Phi Phi Don. Tapi kalau kalian cari private beach, enjoy the nature dan mau untuk menginap di tempat yang agak sedikit "keras" untuk menikmati alam, kalian harus coba di Koh Phi Phi Ley.

Ini dia maps Phi Phi Island kalau kalian masih bingung dan ngawang dengan penjelasan saya 😅





Gimana sih cara ke Phi Phi Island kalau dari Bangkok ?

Kebetulan saat ini saya memilih untuk stay di Bangkok dulu, tidak langsung terbang ke Phi Phi karena saya mau main-main dulu di Bangkok.
Dari Bangkok saya naik pesawat ke Krabi menggunakan Thai Lion di Terminal 2, Don Mueang International Airport. Pesawat saya take off pukul 05.35 pagi dan sampai di pukul 06.55 pagi. Saat itu saya beli tiket pesawat H-2 sebelum keberangkatan, saya dapat harga sekitar 480 ribuan untuk PP.

Kenapa sih kok saya pilih pesawat pagi?
Saya memilih pesawat pagi karena saya hanya punya waktu 3 hari 2 malam di Phi Phi Island jadi saya mau datang dengan pesawat sepagi mungkin dengan menggunakan ferry boat paling pagi agar saya sampai disana tidak terlalu siang dan bisa berkeliling di Phi Phi Island.

Sesampainya disana, kalian akan langsung diturunkan di gate yang langsung berhadapan dengan bagasi kalian jadi kalian tidak perlu repot-repot berjalan jauh deh buat ambil bagasi karena Krabi Airport ini terbilang cukup kecil juga.

Setelah ambil bagasi, saya langsung saja turun menggunakan escalator dan langsung terlihat disitu ada 1 stand bertuliskan "Shuttle Bus". Saya membeli tiket dari Krabi Airport ke Klong Jirad Pier dengan harga 90 Baht / orang atau sekitar Rp. 36.000 per orang. 


Lupa foto standnya jadi capture dari video aja deh

Setelah membeli tiket, saya langsung diarahkan menuju pintu exit, disana kalian akan langsung melihat bus dan kenek bus itu akan menghampiri saya dan melihat tiket yang tadi saya beli. Kenek tersebut langsung mengambil koper saya dan dimasukkan ke dalam bagasi, saya pun langsung naik ke dalam bus. Di dalam bus sudah cukup ramai dengan bule-bule yang nampaknya menuju ke phi-phi juga. Hanya selang waktu 5 menit, bus itu langsung jalan menuju tempat agency bus (pokoknya tempat buat nunggu mini van menuju Klong Jirad Pier).


Tempat menunggu mini van untuk ke Klong Jirad Pier




Awalnya saya sempat bingung dan takut ditipu karena kok diturunin disini, dimana pelabuhannya. Saat turun saya langsung nanya dan ternyata tempat itu adalah tempat untuk menunggu dijemput mini van menuju Klong Jirad Pier. Disitu saya menukarkan tiket yang saya beli di bandara Krabi dengan tiket berwarna kuning yang harus saya tukarkan di Pelabuhan Klong Jirad. Hanya 10 menit menunggu, mini van pun datang lalu menuju ke Klong Jirad Pier.


Dituker tiket dari Bandara jadi kertas kuning ini
Ini Mini Van-nya

Sesampainya di Tonsai Bay, saya diarahkan menuju ke meja tempat pembelian tiket ferry. Disitu saya membeli tiket ferry dari Klong Jirad Pier ke Tonsai Bay dengan harga 400 baht per orang atau Rp. 160.000,- per orang.


Klong Jirad Pier

Tempat beli tiket ferry

Di tempat penukaran itu saya dipaksa membeli tiket ferry untuk pulangnya dari Phi-Phi ke Tonsai Bay atau Tonsai Pier. Saya memutuskan untuk membeli langsung tiket pulang jam 13.00 dari Tonsai Bay ke Klong Jirad Pier dengan harga yang sama karena sudah diburu-buru oleh petugas disana dikarenakan ferry sudah mau berangkat. (Saya ditipu oleh penjual tiket ferry yang memaksa saya membeli tiket pulang, ternyata tiket ferry pulang yang saya beli itu untuk ferry pukul 11.00).

Dari meja pembelian tiket tersebut saya menuju ke pengecekan tiket sebelum menuju ke ferry.





Perjalanan dari Klong Jirad Pier ke Tonsai Bay atau Tonsai Pier selama kurang lebih 2 jam. Ini dia Ferry untuk ke Tonsai Bay


Menuju Ferry

Pemandangan sekitar pelabuhan Klong Jirad




Di dalam Ferry boat lantai 2

Ferry Lantai bawah

Sesampainya disana, saya langsung diarahkan ke meja loket dan disana saya diharuskan membayar uang untuk menjaga kebersihan di Phi Phi Island atau Fee of The Parking Clean on Phi Phi Island sebesar 20 baht atau Rp. 8.000,-


Sampai deh di Tonsai Bay

Tonsai Bay

Diarahkan ke meja loket untuk membayar uang kebersihan Phi-Phi


Ini dia uang kebersihannya haha. Ini wajib yang guys!

Di depan Tonsai Pier itu sangat banyak orang berbaris memegang papan yang berisi nama-nama hotel. Saya sempat mikir, kok kaya di bandara aja, keluar bandara langsung dijemput sama orang hotel? Dan ternyata memang betul, mereka menjemput dan membawakan koper saya untuk diantarkan ke hotel dengan boat.

Ini dia maps di Phi Phi Don yang cukup lengkap untuk kalian menjelajahi dan berkeliling disekitarnya
Maps Phi Phi Don
Intermezzo sedikit nih selama nunggu di Tonsai Bay 😋😋😍











Tips :

  1. Lebih baik membeli tiket pesawat jauh-jauh hari karena saya sempat mendapat harga Bangkok - Krabi PP itu hanya sekitar 200 - 300 ribu menggunakan Thai Lion
  2. Jangan membeli tiket ferry pulang terburu-buru pada saat berangkat
  3. Perhatikan tiket ferry dan bus yang kalian beli, jangan sampai salah beli
  4. Sediakan uang tunai atau cash karena di phi-phi harus berjalan jauh untuk ke ATM
  5. Perhatikan barang bawaan kalian karena bandara domestik Don Mueang lebih ketat daripada international-nya

Untuk masalah hotel alias penginapan di Phi Phi, yukkk kita liat ke sini

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Berdoa di Erawan Shrine - Four Face of Buddha Bangkok (Grand Hyatt)

Salah satu tujuan saya ke Bangkok kali ini adalah berdoa di Erawan Shrine. Tempat ini selalu ramai karena banyak penduduk lokal dan turis mau berdoa disini, bahkan banyak sekali orang Indonesia yang sengaja datang ke Bangkok hanya untuk berdoa disini dalam waktu tertentu. Banyak orang yang percaya bahwa berdoa di Erawan Shrine akan memberikan keberuntungan, kesehatan dan rejeki. Erawan Shrine (Four Faces Buddha) - Grand Hyatt Bagaimana Cara ke Erawan Shrine : Kalian harus naik BTS sampai ke Chit Lom Station, kalian akan menemukan petunjuk "Erawan Bangkok" atau "Grand Hyatt Erawan Bangkok". Kalian ikuti saja setiap pentujuk itu dan kalian akan sampai di Erawan Shrine. Ada juga beberapa orang yang memilih untuk jalan kaki dari Pratunam, memakan waktu sekitar 20-30 menit. Menuju Erawan Shrine Jembatan menuju Erawan Shrine ini petunjuk jalannya yah guys Besar dan bersih banget yah Nah udah keliatan kan Kalian bisa membeli hio di da

[PART 1] Nekat Road Trip Jakarta ke Bali (Mudik Lebaran 2018) Nyobain Tol Baru Jakarta Surabaya bareng anak umur 3 tahun!

Kali ini saya dan keluarga bener-bener nekat untuk road trip Jakarta ke Bali pas lebaran. Sejak ngerasain liburan pas lebaran tahun 2016 dari Jakarta ke Semarang, saya dan keluarga sangat kapok. Kasian Rachel alias Ping-ping yang waktu itu masih umur 1 tahunan bosen di jalan karena macetnya bener-bener gak gerak. Bayangin aja, dari Jakarta sampai Semarang itu makan waktu 23 jam gara-gara Brexit alias Brebes Exit , saat itu saya berangkat H-2. Awalnya saya sudah tidak mau pergi untuk road trip Jakarta Bali apalagi ajak Rachel alias Ping-ping ikut (kasian kalo macet kelamaan di jalan) tapi mami saya kayanya pengen banget ke bali jalan darat, akhirnya yaudah lah untuk menyenangkan hati orangtua akhirnya saya pun pergi. Sebelum saya pergi, saya sudah mencari tahu dulu di internet terkait dengan jalan tol Jakarta Surabaya, awalnya gak yakin bisa naik tol itu karena takut macet gara-gara banyak pemudik lain yang mau nyobain tol tersebut (kaya saya 😁😁). Jadi pilihan saya ada 2, lewat j